Home Pendakipedia Tips Mendaki Gunung Saat Bulan Ramadhan

Tips Mendaki Gunung Saat Bulan Ramadhan

by Admin
tips mendaki gunung - @buyaaa___

Gallerypendaki.biz.id – Dibulan Ramadhan tentunya berbagai aktifitas harus tetap dijalankan untuk menjaga kebugaran tubuh meskipun tidak ada asupan makanan saat siang hari. Bagi yang hobi hiking tentunya menjadi pilihan utama untuk menjaga kebugaran tubuh, karnanya artikel ini akan membahas tentang Tips Mendaki Gunung Saat Bulan Suci Ramadhan.

Mendaki gunung pasti akan melelahkan apalagi saat keadahan badan sedang berpuasa. Meski demikian hal tersebut justru menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki untuk melatih ketahanan tubuh dan ego saat mendaki.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, tentunya kita harus menyiapkan dan menyesuaikan dengan keadaan tubuh yang sedang dalam keadaan puasa. Berikut beberapa tips mendaki gunung saat puasa di bulan Ramadhan.

Persipkan Nutrisi Saat Sahur

Nutrisi tentunya saat penting saat mendaki terutama saat puasa yang tidak ada asupan saat siang hari. Sehingga saat saur kita harus mempersipkan nutrisi ketubuh kita dengan cukup jangan sampai kekurangan apalagi tidak saur sama sekali.

Saat sahur, pastikan makananmu mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air.

Pilih Gunung dengan Jalur yang Tidak Terlalu Berat

Jalur gunung tentunya akan berpengaruh pada stamina saat mendaki. Dengan memilih jalur yang tidak terlalu berat tentunya sangat penting dalam keadaan puasa agar tubuh tidak kelelahan.

Di beberapa wilayah, salah satunya di Pulau Jawa, terdapat gunung-gunung yang jalurnya terbilang cukup ringan. Misalnya adalah Gunung Andong atau Papandayan.

Sebab, jalur yang ringan mungkin tidak akan membuatmu merasa lelah seperti saat mendaki gunung lain. Tidak hanya itu, durasi waktu mendakinya pun tidak terlalu lama.

Cari Informasi Gunung yang akan Didaki

Sebelum melakukan pendakian, pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu soal gunung yang hendak didaki.

Pasalnya, ada kemungkinan beberapa gunung akan menutup kegiatan pendakian hingga Hari Raya Idul Fitri atau tidak mengizinkan pendakian sore-malam hari.

Siapkan Makanan Bergizi

Salah satu makanan favorit yang kerap dibawa oleh pendaki adalah mi instan. Akan tetapi, ada baiknya kamu membawa makanan penuh gizi saat mendaki dalam keadaan puasa.

Sebab, kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi selama mendaki sambil berpuasa. Beberapa bahan makanan yang dapat dibawa adalah susu, ikan, tempe, sayur, dan buah-buahan secukupnya.

Tidak Perlu Bawa Logistik Terlalu Banyak

Selama bulan puasa, kamu dapat membawa barang logistik secukupnya saat mendaki agar tidak mudah lelah.

Namun jika barang yang diperlukan memang banyak, kamu bisa membagi tugas dengan teman pendakian terkait barang bawaan yang dibawa masing-masing.

Mendaki Dengan yang Berpuasa

Supaya kegiatan pendakian selama bulan puasa semakin menyenangkan dan kamu lebih bersemangat, pendakian dapat dilakukan bersama teman yang juga berpuasa.

Tidak Perlu Terburu-buru

Jika sebelum puasa kamu dapat mendaki dengan cepat, ada baiknya kamu kurangi ritme pendakian agar tidak cepat merasa lelah.

Sembari mendaki dengan santai, jangan lupa untuk menikmati indahnya alam yang ada dan merasakan segarnya udara pegunungan agar rasa lapar terlupakan sejenak.

Tidak Harus Sampai Puncak

Apabila kamu terbiasa mendaki dalam keadaan puasa, mencapai puncak gunung mungkin merupakan hal yang mudah.

Namun, jika kamu tidak terbiasa mendaki sambil puasa atau mendaki dengan teman yang tidak biasa mendaki sambil puasa, kamu tidak perlu memaksakan pendakian hingga sampai ke puncak.

(ald/kompas)

You may also like

3 comments

Slamet 28 April 2021 - 4:36 am

Ramadan tetap semangat

Reply
PUBG: NEW STATE 28 April 2021 - 9:25 am

Mantap

Reply
Indwap.com 28 April 2021 - 9:55 am

Mantap hu…

Reply

Leave a Comment