Home Berita Pendaki Gunung Slamet Disarankan Kumandangkan Azan Saat Sampe Pelawangan

Pendaki Gunung Slamet Disarankan Kumandangkan Azan Saat Sampe Pelawangan

by Admin

Gallerypendaki.biz.id – Sebagai komitmen melestarikan kearifan lokal warisan leluhur, base camp pendakian Gunung Slamet via Permadi Guci saat ini masih mempertahankan sejumlah tradisi saat mendaki.  Salah satunya mewajibkan para pendaki untuk mengumandangkan azan di area pelawangan atau di pos lima vegetasi.

“Para pendaki sebelum naik kita briefing dulu. Di situ kita sampaikan, para pendaki wajib melakukan azan di pelawangan nanti,” tutur Koordinator Base Camp Permadi, Ali Burhan pada panturapost, Minggu (7/3/2021).

Burhan mengungkapkan, mengumandangkan azan di area pelawangan atau pos lima ini sudah menjadi tradisi masyarakat lokal dalam mendaki gunung Slamet via Guci. Maka dari itu, setiap pendaki selalu disarankan melakukan azan saat di atas nanti.

“Itu bentuk salam kita saat memasuki area Pelawangan Gunung Slamet. Kumandang azan hanya dilakukan satu orang dari rombongan pendakian tersebut atau diwakilkan oleh salah satu orang saja. Setelah azan selesei, langsung melakukan berdoa agar minta keselamatan, dilancarkan saat melakukan pendakian ke puncak,” bebernya.

Namun mengumandangkan azan di area Pelawangan tersebut, lanjut dia, khusus bagi pendaki muslim. Sementara untuk non muslim bisa melakukan berdoa sebelum melanjutkan perjalanan. “Tujuannya agar dilindungi dan diberi kelancaran dalam perjalanan dan keselamatan saat menuju puncak dan sampai turun,” kata Burhan.

You may also like

Leave a Comment