Home Pendakipedia Memilih Celana Saat Mendaki Gunung, Berikut Tipsnya

Memilih Celana Saat Mendaki Gunung, Berikut Tipsnya

by Admin
memilih celana saat mendaki

Gallerypendaki.biz.id – Memilih celana saat mendaki sangat penting untuk menunjang kenyamaan dan keamanan kita melewati track saat mendaki. Dengan celana yang sesuai dengan track pendakian kita akan lebih mudah melewati dan tidak merasa terganggu karena celana yang kurang sesuai.

Terdapat beberapa tips memilih celana mendaki gunung yang akan kami share untuk menambah pengetahuan, sharing atau menambah referensi untuk perjalanan pendakian anda. Berikut Tips Memilih celana saat mendaki gunung :

Nyaman Digunakan

Celana yang digunakan harus nyaman digunakan sesuai dengan ukuran dan panjang. Dengan begitu celana yang kita gunakan tidak akan mengganggu perjalanan saat naik gunung maupun turun gunung. Celana yang digunkan juga harus pas dengan situasi track mau celana panjang atau pendek.

Bahan Ringan, Tidak Kaku dan Cepat Kering

Sering kali para pendaki menggunkan bahan celana yang berat sehingga saat basah akan memerlukan cukup lama waktu untuk kembali kering.

Hal tersebut akan mengganggu perjanan karena mendaki gunung akan terasa lebih berat apalagi saat celana basah atau terkena hujan.

Memakai Celana Berkantong Yang Cukup

Dengan celana berkantong kita menjadi banyak tambahan penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan barang yang kecil dan ringan. Hal tersebut juga akan memudahkan mengambil barang yang sering digunakan.

Namun, tidak disarankan juga dengan kantong yang terlalu banyak karena itu akan mengganggu karena sudah ada kantong-kantor kecil di carrel. Diutamakan hanya hantong pinggirnya saja.

Terlindung dari Sinar Matahari dan Mudah Menyerap Keringat

Ada Sun Protector Factor ada juga Ultraviolet Protector Faktor. Intinya sama2 melindungi dari paparan sinar matahari dan ultraviolet. Kembali ke celana gunung bermerk original, bahwa kategori ini dijelaskan di tag nya. Semakin kecil nilainya, semaki kecil paparan/sinar yang menembus kain. Misalnya ratingnya 25, berarti hanya 1/4% dari sinar matahari yang menembus kain. Bila ratingnya 50 berarti 1/2%.

Tapi inget ya sob, fitur ini biasanya hanya ada pada celana gunung yang mahal bin nguras kantong.

Bisa dari material kain itu sendiri (nilon atau poliester, keduanya bagus dalam hal melindungi dari sinar matahari) atau bisa juga dari pewarna kain. Warnanya tidak melindungi, tapi pewarnanya yang bisa terbuat dari bahan yang bisa melindungi kita dari sinar matahari.

(ald/djafa)

You may also like

Leave a Comment